BKBPP Batanghari segera realisasikan kampung KB

Muarabulian, Antarajambi.com - Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Batanghari akan segera melaksanakan intruksi Presiden RI terkait  kampung KB. 

"Tahun ini, Presiden langsung yang memberi instruksi untuk menetapkan satu kecamatan satu kampung KB," kata Rts Endriani, Plt Kepala BKBPP Batanghari, Jumat.

Menurut dia, pada penetapan ini berbeda bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun-tahun sebelumnya setiap kabupaten hanya terdapat satu kampung KB. 

"Jadi, pada tahun ini jumlah kampung KB di setiap kabupaten tergantung berapa banyak kecamatan yang terdapat dikabupaten tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan, instruksi pencanangan satu kecamatan satu kampung KB dilakukan guna menggali potensi yang ada di setiap desa yang dinilai tertinggal dibandingkan desa-desa lainnya. 

Selain itu, kampung KB tersebut di canangkan untuk menumbuhkan persaingan yang positif antar desa yang bertetangga dengan desa Kampung KB. 

Program ini efektif karena langsung menyentuh masyrakat lapisan bawah, sehingga pada tahun ini pak jokowi ingin setiap kecamatan terdapat satu kampung KB.

Sementara itu, di Kabupaten Batanghari terdapat delapan kecamatan, maka kampung KB di Kabupaten Batanghari pada tahun 2017 terdapat delapan kampung KB. 

Delapan kampung KB yang di canangkan tersebut yaitu Desa Kuap Kecamatan pemayung, Desa Sungai baung Kecamatan Muara Bulian, Desa Sungai lingkar Kecamatan Maro Sebo Ulu, Desa Sengkati Kecil Kecamatan Mersam, Desa Jangga Kecamatan Batin XXIV, Desa Bungku kecamatan Bajubang, Desa Pulau Kecamatan Muara Tembesi dan Desa Danau Embat Kecamatan Maro Sebo Ilir.